Bill Gates; mengenang bapak komputer dunia

VIVAnews – Henry Edward Roberts, yang digelari sebagai bapak komputer sedunia meninggal karena menderita penyakit pneumonia pada 1 April 2010 lalu.

Pendiri raksasa software Microsoft, Bill Gates pun menyampaikan penghargaan terakhirnya kepada pencipta minikomputer rumah komersial pertama di dunia itu. Roberts-lah orang yang menantang Bill Gates untuk menuliskan program bagi komputer besutannya, Altair 8800.

Ketika itu, Bill Gates dan rekannya, Paul Allen, tertarik dengan artikel Altair yang dimuat di majalah Popular Electronics. Ketertarikan Bill, mendorongnya menemui Roberts untuk menawarkan sebuah program emulator  (penerjemah) agar Altair bisa menjalankan bahasa program BASIC (Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code).

“Ed menantang kami berdua, anak muda yang tertarik dengan dunia komputer, saat komputer belum menjadi barang yang lumrah. Dan kami selalu berterimakasih kepada dia,” kata Bill Gates kepada BBC.

Tantangan Roberts membuat Bill Gates dan Paul Allen begadang siang malam untuk menyiapkan Altair-Basic, sebuah program yang menjadi titik awal kesuksesan Microsoft di dunia software.

“Masa-masa di mana software awal kami belum teruji untuk bekerja di atas Altair, adalah permulaan dari banyak kejadian penting selanjutnya,” kata Bill Gates.
Penghargaan terhadap Roberts juga datang dari salah seorang pendiri Apple, Steve Wozniak. “Roberts telah menyumbangkan tahapan penting bagi perkembangan komputer seperti yang kita miliki saat ini,” kata Steve 

Roberts sendiri adalah pendiri perusahaan Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS) yang awalnya menjual kit (komponen rakitan) elektronik bagi para penggemar roket. Pada perkembangannya, perusahaan Roberts menjual kit kalkulator elektronik.
Bill Gates mudaHingga akhirnya pada pertengahan 1970-an, MITS membuat mini komputer yang beroperasi berdasarkan switch dan tidak menggunakan display (monitor). Saat itu komputer ini dijual seharga US$395, dengan tambahan biaya US$100 bagi komputer yang telah dirakit.

Kemunculan komputer ini di majalah Popular Electronics, membuat Bill Gates dan Paul Allen membuatkan program bagi Altair, hingga akhirnya keduanya pindah ke Albuquerque, markas MITS, dan mengembangkan berbagai varian BASIC.

“Kami akan terus mengingat kenangan manis saat bekerja dengan Ed di Albuquerque dan di kantor MITS di Route 66, di mana banyak sekali hal menarik terjadi, dan kami sendiri tak pernah mengira sebelumnya,” ujar Bill Gates mengenang.
• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: