Pemerintah Bisa Dipidana; Jika Tak Perbaiki Jalan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat meminta Kementerian Pekerjaan Umum segera mengevaluasi dan mengambil langkah antisipatif terhadap jalan-jalan nasional yang berpotensi rusak.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi V DPR Abdul Hakim menyusul amblasnya jalan RE Martadinata di Jakarta Utara, Kamis dini hari, 16 September. Dia juga meminta aparat melakukan investigasi terhadap kasus amblasnya jalan utama menuju ke kawasan Pelabuhan Tanjung Priok ini.

“Pemerintah (Kementerian PU) harus mengambil langkah-langkah sigap dan tanggap, terutama mengantisipasi potensi kerusakan pada jalan-jalan vital,” kata Hakim yang juga sekretaris Fraksi PKS, Jumat 17 September 2010.

Hakim mengatakan, jika managemen dan rekayasa lalu lintas telah sesuai dengan Undang-undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, musibah seperti amblasnya jalan bisa dihindari.

Pada pasal 22 UU No.22/2009, jalan yang dioperasikan harus memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis dan administratif. Karena itu, penyelenggara Jalan wajib melaksanakan uji kelaikan fungsi Jalan sebelum pengoperasian Jalan. Uji kelaikan fungsi jalan juga harus dilakukan secara berkala pada jalan yang sudah beroperasi paling lama 10 tahun atau sesuai kebutuhan.

“Ini sudah detail mengatur lalu lintas. Musibah ini membuktikan bahwa pelaksanaan UU ini belum dilakukan secara utuh,” ujar Hakim.

Menurut Hakim, berdasarkan UU yang berlaku sejak Juni 2009, penyelenggara jalan dalam hal ini Kementerian PU yang tidak segera memperbaiki jalan rusak terancam sanksi pidana.

Pasal 7 ayat (1) dengan jelas menyebutkan bahwa penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam kegiatan pelayanan langsung kepada masyarakat dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah, badan hukum, dan/atau masyarakat. “Kalau ini dilanggar, ada sanksinya.” kata Hakim.

VVZone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: