Beasiswa Australian Leaderships Awards (ALA)

Selain Australian Development Scholarship (ADS), pemerintah Australia juga menawarkan program beasiswa Australian Leaderships Awards (ALA) bagi para peminat studi di Negeri Kanguru tersebut.
“Sama seperti ADS, beasiswa ALA diberikan secara penuh untuk jenjang master dan doktor dalam semua bidang studi mulai dari teknik, bahasa, ekonomi, hingga hukum dan politik di semua universitas negeri di Australia,” tulis Reny Y dalam buku Kuliah Gratis di Luar Negeri.
Para peminat beasiswa ALA harus memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 dan nilai TOEFL institusional minimal 550.
“Mereka yang telah memiliki pengalaman kepemimpinan akan diutamakan. Misalnya pernah menjadi ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau pimpinan sebuah lembaga,” imbuh Reny dalam buku setebal 199 halaman tersebut.

Besar uang beasiswa ALA untuk program master adalah 150 ribu dolar Australia, dan 300 ribu dolar Australia untuk program doktor.

Selain ALA, ada juga beasiswa Endeavour Awards yang terbagi dalam beberapa jenis, yaitu Endeavour Research Fellowships, yang diberikan untuk melakukan penelitian ilmiah; Endeavour Postgraduate Awards, yakni beasiswa untuk studi master dan doktoral. Ada juga Endeavour Vocational and Training (VET) Awards yang diberikan untuk pelatihan di bidang keilmuan tertentu; Endeavour Executive Awards dikhususkan bagi para profesional yang ingin memperdalam kuliahnya. Sementara, Student Exchanges Program merupakan sebuah program pertukaran pelajar dan mahasiswa antara Indonesia dan Australia.

Informasi lengkap mengenai beasiswa ALA dan Endeavour Awards bisa didapatkan di situs http://www.australianscholarships.gov.au.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: