Pengembara

Ibnu Umar RA berkata: “Rasul Saw menepuk kedua pundakku lalu berkata: “Jalanilah kehidupan duniamu seakan-akan engkau adalah seorang yg asing atau pengembara yg melintas jalan”. Ibnu Umar juga menambahkan: “Apa yang bisa engkau lakukan di malam hari janganlah ditunda hingga pagi. Apa yg bisa engkau lakukan di pagi hari, janganlah ditunda hingga sore. Pergunakanlah waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu dan pergunakanlah waktu hidupmu sebelum datang matimu”. (HR.Bukhari)

Intisari:

1. Hadits ini menyampaikan tentang hakikat dunia yang sementara & umur manusia yang singkat.

2. Seorang muslim harus menyadari bahwa ia tidak akan hidup selamanya di dunia, sebab dunia ini hanyalah persinggahan & fana.

3. Masih ada kehidupan yang akan kita lalui setelah dunia ini. Barzakh, Mahsyar & Akhirat yang kekal dan untuk selamanya.

4. Carilah kebahagiaan akhirat sebanyak-banyaknya tanpa melupakan kehidupan dunia. Namun yang terjadi banyak manusia mencari dunia lalu melupakan akhirat.

5. Apalah artinya lama hidup di dunia bila dibanding kehidupan akhirat? Tidakkah anda melihat mereka yang telah mati terkubur, di sana ada yang puluhan, ratusan bahkan ribuan tahun di dalam kubur. Lalu mengapa kita sibuk mengurus yang sesaat namun melupakan yang abadi & kekal?

6. Jangan tunda amal shalih (kebajikan) sebab boleh jadi kesempatan baik itu tak akan berulang.

7. Manfaatkan setiap saat untuk melakukan kebajikan demi mencari keridhaan Allah. Sebab pernah ada manusia yang bisa masuk surga karena menyingkirkan duri, juga ada karena memberi minum hewan.

8. Siapa yang tahu kapankan ia mati? Oleh karenanya jangan pernah menunda bertaubat & memperbanyak amal shalih.

9. Terkadang kita lebih percaya yang lahir ketimbang yang batin. Padahal perkara batin itu haruslah diimani. Jujurlah, mana yang lebih Anda perhatikan badanmu atau jiwamu?

10. Sebagian orang sibuk menyembuhkan penyakit lahirnya, tapi mereka tidak sibuk saat batinnya yang sakit?

11. Ketahuilah, sekuat-kuatnya dan sehat-sehatnya fisik lahir manusia bila sudah tidak ada ruh di sana maka tak akan sanggup berbuat apa-apa!

Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: