Sudahkah Anda Istighfar Hari ini?

Istighfar laksana air yang bisa kita gunakan untuk membersihkan hati kita dari kotoran dan noda-noda dosa. Ia adalah cahaya yang dapat menghapus kegelapan maksiat yang pernah dilakukan seorang hamba, sehingga ia kembali ke cahaya Tuhan Yang Maha Pengasih. Memohon ampunan kepada Allah dan bertaubat merupakan kunci bagi setiap keberuntungan. Allah Swt. berfirman, “Dan bertaubatlah kalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kalian beruntung.” (An-Nuur [24]: 31)

Istighfar dapat mendatangkan rezeki dan hujan

“Dan wahai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertaubatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (Hud [11]: 52)

Seorang laki-laki mengadu kepada Hasan Al-Bashri atas kekeringan yang menimpa negerinya. Beliau berkata kepadanya, “Mohon ampunlah kepada Allah (dengan mengucapkan astaghfirullah)!”

Lalu ada orang lain yang mengadukan kefakirannya kepada Hasan. Hasan berkata, “Mohon ampunlah kepada Allah.”

Di lain waktu ada yang datang lagi mengadukan tentang kemandulannya, lalu Hasan berkata kepadanya, “Mohon ampunlah kepada Allah.”

Hasan pernah ditanya tentang hal tersebut, lalu dia menjawab, “Apa yang aku sampaikan bukan sekedar pendapatku semata. Sesungguhnya Allah Swt. telah berfirman, ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, memperbanyak harta dan anak-anakmu, serta mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan untukmu sungai-sungai.(Nuh [71]: 10-12)

Lafazh Istighfar

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعِظِيْم وَأَتُوْبُ إِلَيْهُ

Astaghfirullahal ‘azhiim wa atuubu ilaih

Sayyidul Istighfar

Atau dengan membaca lafazh istighfar yang lebih lengkap, yaitu:

اللّهُمّ أَنْتَ رَبِّيْ لَاْ إِلهَ إِلّاَ أَنْتَ خَلَقَْْتَنِيْ وَأَنَاْ عَبْدُكَ وَأَنَاْ عَلَىْ عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَاْ اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّمَاْ صَنَعْتُ أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ لَكَ بِذَنْبِيْ فَاْغْفِرِْلِيْ فَإِنَّهُ لَاْ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّاْ أَنْتَ

Allaahumma anta rabbii laa ilaha illaa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu a-‘udzu bika min syarri maa shana’tu abu-u laka bini’matika ‘alayya wa abu-u laka bidzanbii faghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

“Ya Allah Engkau adalah Tuhan-Ku, tidak ada Tuhan selain Engkau Yang telah Menciptakan aku. Aku adalah hamba-Mu dan aku berada dalam ikatan dan janji-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari hal-hal yang jelek yang telah aku lakukan. Aku mengakui kenikmatan-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan aku juga mengakui dosa yang telah aku lakukan. Maka ampunilah diriku, sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosaku kecuali Engkau.”

(Diterjemahkan dari buku Mafaatihul Faraj)

alkauny-Ichsan el Jufri’s Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: