Aktif Sampai Bulan Ke-9 Kehamilan

Rasanya sayang bila terlalu cepat mengambil cuti sebelum bayi lahir. Tentu nanti Anda ingin lebih lama bersama anak sebelum aktif lagi bertugas. Dengan begitu Anda perlu trik khusus agar bisa mengatasi dan mencegah potensi masalah di bulan terakhir.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar tetap aktif bekerja hingga persalinan di depan mata adalah:

Terjatuh/terpeleset, trik:

  • Bila harus membungkuk, lakukan dengan menekuk kedua kaki
  • Lebih baik minta bantuan rekan kerja untuk mengambil barang di tempat tinggi

Nyeri di tubuh (leher, bahu, pinggang, punggung), trik:

  • Bekerja dengan perangkat ergonomis yang sesuai postur tubuh
  • Duduk dan bekerja dengan posisi tepat, seingga Anda dapat bekerja nyaman tanpa tekanan di punggung atau pinggang yang bisa menimbulkan kaku serta nyeri

Panas di ulu hati, trik:

  • Perhatikan posisi tubuh saat hamil (duduk, menulis, membaca). Jangan sampai ada tekanan di daerah ulu hati
  • Atur pola makan sesuai sistem kerja pencernaan Anda yang sedang hamil. Disiplin memilih makanan yang “bersahabat” bagi ibu hamil. Hindari makanan yang berbumbu tajam dan pedas, serta yang menimbulkan gas dalam pencernaan seperti kol.
  • Saat hamil, makan dalam porsi kecil tapi sering
  • Bawa selalu makanan dan buah-buahan segar dari rumah atau sediakan biskuit di kantor

Sakit kepala, trik

  • Hindari ketegangan saat hamil, apalagi sampai kehilangan kontrol selama bekerja. Latih kemampuan “kontrol” diri Anda di tengah kesibukan kerja. Latihan relaksasi dan meditasi akan sangat membantu
  • Jika lama di depan layar komputer, beri jeda dan sering mengalihkan pandangan mata sesaat keluar jendela atau berjalan-jalan sekitar ruangan sejenak

Pingsan, trik

  • Jika pekerjaan mengharuskan Anda berdiri atau turun naik tangga saat hamil, bila mungkin ajukan permohonan pindah ke bagian lain untuk sementara
  • Bila tidak mungkin pindah bagian, usahakan menjaga kelancaran aliran darah di kaki dengan :
    • Istirahatkan kaki dengan memberi garam (bisa diletakkan di bawah meja kerja)
    • Jaga keseimbangan dan berat tubuh secara merata saat berdiri (jangan bertumpu di satu kaki dalam waktu lama)
    • Gunakan sepatu berhak sedang atau rendah
  • Hindari anemia (kurang sel darah merah) dengan menjaga pola makan sehat dan seimbang. Pastikan Anda tidak kekurangan zat besi saat hamil
  • Jaga kestabilan kadar gula darah dengan makan porsi kecil tapi sering

Nafas pendak/sesak nafas, trik:

  • Lakukan relaksasi di tengah kesibukan kerja. Tarik nafas panjang pelan-pelan sambil membayangkan udara segar memenuhi seluruh sel tubuh Anda bahkan hingga janin, lalu hembuskan kembali sambil merelakskan seluruh otot
  • Lakukan peregangan ringan sambil duduk dan berdiri. Misalnya, dengan memutar leher dan bahu atau mengangkat kedua tangan ke atas sambil menarik kedua sisi badan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: