Clinton kritik hubungan Cina dengan Afrika

Hillary ClintonHillary Clinton melakukan kunjungan lima hari di Afrika.Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, mengungkapkan kekhawatiran atas perkembangan hubungan ekonomi Cina dengan Afrika.

Hal itu diungkapkannya saat berkunjung ke Zambia dengan mengatakan bantuan dan praktek investasi Cina di Afrika tidak selalu memenuhi norma internasional tentang transparansi dan administrasi yang baik.

Clinton menambahkan bahwa bantuan dan investasi Cina itu juga tidak menggunakan bakat warga Afrika dalam mengejar kepentingan bisnis Cina, seperti dilaporkan wartawan BBC, Brenda Marshall.

Kritiknya atas Cina ini bisa dilihat sebagai kekhawatiran Washington atas Beijing yang sudah melangkah lebih dulu untuk ikut menikmati pertumbuhan ekonomi Afrika.

Tahun lalu, enam dari sepuluh negara dengan perekonomian yang paling cepat berkembang selama satu dekade belakangan berada di Afrika dan perdagangan Cina-Afrika meningkat pesat sampai 40% lebih.

Cina menggunakan Afrika sebagai sumber bahan baku untuk mendukung ekonominya yang berkembang dan pada saat bersamaan membangun prasarana serta jaringan telefon genggam di Afrika. Selain itu Cina juga membeli lahan yang luas di Afrika untuk pertanian pangan.

Cina dan Afrika

Cina antara lain menggunakan Afrika sebagai sumber bahan baku.

Berbeda dari kerjasama ekonomi dengan negara-negara Barat, Cina tidak mengaitkannya dengan masalah lingkungan, korupsi, maupun hak-hak pekerja saat berhubungan dengan Afrika.

Kunjungan Hillary Clinton ke Zambia ini merupakan bagian dari lawatan lima harinya ke negara-negara Afrika.

Kekhawatiran atas Cina itu dinyatakan Clinton usai menghadiri forum tentang kesepakatan dagang yang memberikan status bebas bea untuk ekspor dari Afrika ke pasar Amerika.

Dia mengatakan tidak semua negara memanfaatkan kesepakatan itu secara maksimal dan mendesak Afrika untuk menggunakannya.

Clinton juga mendorong para pemimpin Afrika agar mencabut tarif perdagangan, memerangi korupsi, dan mengembangkan kesempatan bisnis yang lebih besar, khususnya untuk kelompok perempuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: