Pelaku bom Kedubes AS tewas di Somalia

Fazlu Abdullah Mohammed Fazlu Abdullah Mohammed selalu bisa menghindari kejaran aparat hukumFazul Abdullah Mohammed, yang dicurigai sebagai dalang pemboman kedutaan besar AS tahun 1998 di Afrika Timur, terbunuh di ibu kota Somalia, Mogadishu, kata berbagai laporan.

Kepolisian Kenya mengatakan mereka mendengar berita itu dari para pejabat Somalia. Tes DNA dikatakan sedang dilakukan untuk memastikan identitas pria yang tewas itu.

Fazul Abdullah adalah orang yang paling dicari di Afrika.

Lebih 220 orang terbunuh dan 5.000 luka-luka dalam serangan pada tahun 1998 itu.

Serangan tersebut merupakan sasaran besar pertama al-Qaeda terhadap kepentingan AS.

“Kami telah memastikan dia terbunuh oleh polisi di satu pos pemeriksaan pekan ini,” kata Halima Aden, seorang pejabat senior keamanan nasional.

“Dia memiliki paspor palsu Afrika Selatan dan dokumen-dokumen lain. Setelah penyelidikan cermat, kami pastikan bahwa pria yang tewas itu adalah dia, dan kemudian kami menguburkan jenazahnya,” kata Aden menambahkan.

Serangan bom terhadap kedutaan AS itu terjadi secara simultan di dua kota Afirika timur, yaitu di Dar es Salam, Tanzania, dan di Nairobi, ibu kota Kenya.

Serangan ini dikaitkan dengan para anggota Jihad Islam Mesir (JIM) setempat, dan membuat pemerintah AS untuk pertama kali memberikan perhatian kepada Osama bin Laden dan Ayman al-Zwahiri yang kemudian disebut sebagai dua pimpinan senior al-Qaeda.

Serangan ini diduga luas sebagai balasan atas keterlibatan AS dalam ekstradisi dan tuduhan penyiksaan empat anggota JIM yang ditangkap di Albania dua bulan menjelang sebelum serangan terhadap dua Kedubes AS tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: