Pengungsi Suriah semakin banyak ke Turki

Kam pengungsi di Turki Turki bertekad akan terus menampung warga Suriah yang ingin mencari perlindungan dari kejaran militerSetidaknya 4.300 orang sekarang melarikan diri dari tindak kekerasan di Suriah dan mencari perlindungan di Turki, kata seorang pejabat senior Turki.

Seorang wartawan BBC di perbatasan mengatakan jumlah yang sebenarnya orang-orang yang mengungsi kemungkian jauh lebih besar. Sebab, banyak pengungsi yang menyeberangi perbatasan tanpa terlihat oleh militer Turki.

Pejabat senior Kementerian Luar Negeri Turki, Halit Cevik, mengatakan Turki akan menangani kriris pengungsi ini dengan sebaik mungkin.

Warga Suriah itu kebanyakan lari dari kota Jisr al-Shughour yang menjadi sasaran penumpasan oleh tentara pemerintah.

Seorang saksi mata menceritakan serangan tank terhadap satu desa berekatan hari Jumat pagi yang menewaskan banyak orang dan merusak tanaman pangan.

Pemerintah Suriah mengatakan pasukannya masuk ke kota itu untuk memulihkan ketertiban setelah 120 personel keamanan terbunuh.

Bentrokan di segenap pelosok negara itu hari Jumat menimbulkan korban jiwa paling sedikit 32 orang.

Ratusan orang terbunuh dalam penumpasan dalam minggu-minggu belakangan ini oleh penguasa terhadap aksi protes antipemerintah yang bermula bulan Maret.

Sementara itu, Gedung Putih di Washington mengecam keras “penggunaan kekerasan yang berlebihan” oleh Suriah terhadap pengunjuk rasa dan meminta agar tindak kekerasan “dihentikan segera”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: