Mendagri Somalia tewas diserang kemenakannya

Mogadishu Terjadi tiga serangan bunuh diri di Mogadishu dalam waktu tiga pekan.Menteri Dalam Negeri Somalia, Abdi Shakur Sheikh Hassan, tewas dalam serangan bunuh diri di rumahnya di ibu kota Mogadishu.

Pihak berwenang mengatakan serangan bom bunuh diri dilakukan oleh kemenakan perempuannya yang masih remaja yang bergabung dengan kelompok militan Islam, al-Shabab.

Kemenakannya itu sudah mengunjungi rumah tersebut beberapa kali dan penjaga tidak melakukan pemeriksaan keamanan.

Dia berjalan masuk ke dalam rumah, meledakkan bom dan langsung tewas.

Menteri Abdi Shakur Sheikh Hassan tewas karena luka-luka ketika sedang dalam penerbangan untuk pengobatan lebih lanjut di negara tetangga, Kenya.

Serangan terhadap Sheikh Hassan ini merupakan serangan bunuh diri ketiga di Mogadishu dalam waktu tiga pekan belakangan.

Kelompok al-Shabab sudah menyatakan bawha mereka berada di belakangan serangan bom bunuh diri tersebut dan mengatakan masih akan ada serangan lainnya.

Somalia Pasukan Persatuan Afrika dikerahkan untuk melawan kelompok Islam radikal.

Dalam beberapa bulan belakangan, al-Shahab -yang punya hubungan dengan al-Qaeda- kehilangan daerah kekuasaan karena serangan pasukan pemerintah Somalia dan Uni Afrika, walaupun masih menguasai sebagian kawasan selatan dan tengah negara itu.

Wartawan BBC di kawasan Afrika timur, Will Ross, melaporkan bahwa al-Shabab -yang tampaknya semakin melemah secara militer- melakukan serangan dengan sasaran para pejabat pemerintah.

Sementara itu dua orang dilaporkan tewas dalam unjuk rasa di Mogadishu untuk menentang kesepakatan tentang perpanjangan masa jabatan presiden dan parlemen.

Berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani di Uganda pada Kamis (09/06), mandat mereka diperpanjang hingga Juni 2012 dan perdana menteri akan diberhentikan.

Unjuk rasa Jumat kemarin merupakan dukungan bagi Perdana Menteri Mohamed Abdullahi Farmajo.

Beberapa saksi mata mengatakan aparat keamanan melepaskan tembakan ke arah demonstran yang berkumpul di luar hotel tempat pertemuan para anggota parlemen.

Somalia dilanda perang saudara selama 20 tahun lebih dan pemerintah nasional yang berfungsi penuh dijatuhkan pada tahun 1991.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: