Email Sarah Palin dipublikasikan

Sarah Palin mengundurkan diri dari jabatan gubernur Alaska untuk menjadi tokoh publikRincian mengenai isi pesan email Sarah Palin semasa menjabat gubernur Alaska muncul, menyusul penerbitan 24.000 halaman kumpulan email Palin oleh negara bagian Alaska.

Selain berisi hal-hal biasa dalam kantor jabatan politik, pesan-pesan email itu juga memperlihatkan rasa frustrasinya terhadap berbagai rumor mengenai keluarga dan rumah tangga Palin.

Berbagai organisasi media mengajukan permohonan untuk melihat koleksi email bekas gubernur Palin ini pada tahun 2008, ketika dia dipilih menjadi kandidat calon wakil presiden John McCain mewakili Partai Republik.

Pihak berwenang Alaska mencetak 24.199 halaman email-email itu, yang mencakup 21 bulan pertama Palin menjabat sebagai gubernur sampai tahun 2008 ketika dia resmi menjadi cawapres John McCain.

Palin saat ini diperkirakan berpotensi untuk menjadi kandidat calon presiden dari Partai Republik pada tahun 2012.

Wartawan dari bebagai organisasi pemberitaan mendatangi ibu kota Alaska, Juneau, pada hari Jumat (10/6) untuk memeriksa koleksi pesain email Palin itu, yang diberikan dalam bentuk cetakan.

Sebagian pesan email ditulis dengan gaya khas Palin yang sederhana.

Sehari setelah namanya tiba-tiba tenar di panggung politik nasional karena dipilih oleh John McCain pada tahun 2008, dia menulis pesan email kepada salah seorang kenalannya, “Bisakah kamu mempercayainya?!”

Pesan email Palin juga memperlihatkan kesebalannya terkait skandal yang dijuluki Troopergate, yaitu ketika dia dituding melakukan balas dendam terhadap mantan suami adiknya yang bekerja sebagai polisi.

Media AS sibuk mencari isu kontroversial di dalam email-email Palin

“Saya mohon maaf kalau saya terdengar frustrasi mengenai masalah satu ini. Saya rasa memang benar [frustrasi]. Saya sedih melihat bagaimana para anggota parlemen [Alaska], wartawan dan orang-orang lain sangat salah kaprah terkait masalah ini,” tulisnya kepada sejumlah koleganya.

Penyelidikan pihak berwenang Alaska mengenai skandal Troopergate ini menemukan bahwa Palin menyalahgunakan kekuasaannya karena memecat seorang pejabat polisi yang menolak memecat mantan adik iparnya.

Dalam pesan email lain Palin memuji pidato mengenai kebijakan energi capres saat itu, Barack Obama, dan meminta para pembantunya agar menuliskan pidato tanggapan yang menyatakan “dia benar”.

Media massa Amerika sedang sibuk menyortir dan mencari-cari sejumlah pesan email terkait sejumlah isu mengenai Palin yang selama ini dianggap tidak dilaporkan dengan transparan.

Sejumlah organisasi pemberitaan bahkan meminta bantuan para pembaca mereka untuk membaca semua email itu.

Surat kabar Washington Post meminta “100 pembaca yang rapi dan rajin” untuk membantu para wartawan mereka membaca email-email itu, sedangkan koran New York Times memasang Klik kumpulan email itu di situs mereka.

Pihak berwenang Alaska tidak menerbitkan 2.300 halaman pesan email yang dianggap bisa melanggar hak istimewa eksekutif Palin sebagai gubernur maupun privasinya.

Palin sendiri mengatakan dalam wawancara dengan televisi Fox News hari Minggu lalu bahwa “banyak diantara pesan-pesan email itu yang jelas tidak dimaksudkan untuk dibaca umum”, dan dia menambahkan bahwa sebagian orang mungkin akan mengambil sebagian pernyataannya sehingga “melenceng dari konteks”.

Palin dipilih menjadi gubernur Alaska pada tahun 2006, namun dia mengundurkan diri bulan Juli 2009 untuk mengejar karir sebagai tokoh politik publik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: