Pembangunan infrastruktur lamban?

Jalan di kawasan Gunung Merapi Distribusi barang dan pengiriman produk pertanian sering terganggu akibat jalan rusakPemerintah Indonesia berjanji akan meningkatkan pembangunan infrastruktur dan menggalakkan pemberantasan korupsi yang dianggap menghambat pertumbuhan ekonomi dan penanaman modal asing.

Janji tersebut disampaikan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa Rabu (8/6) menyusul penerbitan laporan Forum Ekonomi Dunia (WEF) tentang posisi Indonesia di peringkat Indeks Daya Saing Global.

Menurut laporan WEF, indeks daya saing Indonesia naik pesat sejak 2005. Indonesia kini berada di peringkat ke-44 dari 139 negara. Posisi Indonesia berada di atas Thailand (38) dan di bawah Vietnam (59) tetapi jauh tertinggal dari Singapura (3) dan Malaysia (26).

Namun di dalam laporan juga ditekankan bahwa Indonesia masih perlu berbenah diri di beberapa bidang termasuk infrastruktur, pemberantasan korupsi, dan kesehatan masyarakat.

“Kita akan memperbaiki masalah itu,” kata Hatta Rajasa.

Sehari kemudian Menko Perekonomian mengungkapkan salah satu kendala yang dihadapi dalam membangun infrastruktur.

“Untuk membangun infrastruktur saja, masalah pembebesan lahan adalah hal yang berbelit-belit, seperti pembangunan tol. Padahal itu untuk kepentingan publik. Karena itu harus didukung oleh UU, misalnya UU pengadaan lahan,” kata Hatta Rajasa.

Bagaimana pendapat Anda tentang pembangunan sarana dan prasarana di Indonesia di tengah pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat?

Apakah pembangunan jalan dan fasilitas umum lainnya sesuai dengan kebutuhan dalam menggerakan roda ekonomi?

Infrastruktur apa saja yang paling mendesak dibangun di lingkungan Anda?

Tulis komentar Anda di kolom yang tersedia dan jangan lupa cantumkan nama dan asal kota Anda. Anda juga bisa mencantumkan nomor telepon sehingga kami bisa menelepon untuk merekam komentar Anda.

Bila lebih suka mengirim lewat SMS, pendapat Anda kami tunggu di +44 7786 20 00 50 dengan tarif sesuai yang dikenakan operator telepon seluler Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: